Penyebab Blackberry Bangkrut

Penyebab Blackberry Bangkrut

Teknologi – Mendengar nama BlackBerry pasti kita semua teringat dengan salah satu brand Smartphone yang pada eranya sempat merajai pasar telepon pintar di seluruh dunia, termasuk Indonesia, namun itu semua sekarang hanya tinggal sepenggal sejarah emas, bagaimana nasib Blackberry kini?

Blackberry memang saat ini tengah mengalami keterpurukan besar. Bahkan bisa dikatakan diambang kebangkrutan, Blackberry bahkan menjual sebagian besar sahamnya ke perusahaan TCL milik Tiongkok. Jika diingat dahulu, Blackberry memang pernah menjadi brand yang fenomenal dan sangat laris dipasaran. Ponsel yang dulu berdiri dibawah naungan RIM sempat menjadi ponsel favorit nomor 1 dibeberapa negara bahkan dinegara kita Indonesia.

Lalu, apa yang menyebabkan Blackberry kini kalah bersaing dengan Smartphone lainnya? Berikut faktanya :

HARDWARE & SPESIFIKASI

Penyebab Blackberry Bangkrut
Hardware & Spesifikasi Minimum dengan Harga Premium

Rata-rata ponsel Blackberry mempunyai spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Hal tersebut bisa terlihat dari varian Blackberry Strom, Bellagio, z10, Q10 dan bahkan Q5. 3 ponsel yang saat ini dinilai paling laris Z10, Q10 dan Q5 memang mempunyai spesifikasi yang canggih, tapi tidak sebanding dengan harganya yang sangat mahal dibadingkan spesifikasinya. Meskipun ketiganya tampak menjanjikan, perangkat- perangkat ini masih belum terlalu laku di pasaran. Penjualannya tidak terlalu baik, bahkan kalah dari produk Nokia Lumia yang berbasiskan Windows Phone 8.
Lagi-lagi Blackberry hanya mengandalkan fitur BBM disetiap ponsel miliknya. Jika saja hardware dan spesifikasi ponsel Blackberry 10 dibanderol dengan harga yang murah dibawah Rp. 5 juta pastinya bukan tidak mungkin ponsel ini menjadi ponsel yang laris bahkan di Indonesia sekalipun.

 

BLACKBERRY PLAYBOOK

Penyebab Blackberry Bangkrut
Blackberry berspekulasi dengan terjun ke pasar Tablet

BlackBerry pada saat itu berniat melakukan ekspansi ke pasar Tablet, pada saat peluncurannya, Blackberry PLAYBOOK dilengkapi dengan perangkat dan spesifikasi hardware yang menawan, serta sistem operasi yang bagus. Sayangnya produk tablet pertama mereka dinilai oleh sebagian besar pengamat dibanderol dengan harga yang kelewat tinggi, bahkan perangkat ini tidak dilengkapi fitur email.

Untuk memperbaiki kegagalan ini, Blackberry menggunakan segala cara untuk dapat menyelamatkan perangkat ini, seperti diskon besar-besaran. Namun respon pasar sudah terlanjur buruk terhadap produk tablet ini.

BLACKBERRY ENTERPRISE SERVER

Penyebab Blackberry Bangkrut
Jumawa, membawa Blackberry dalam kehancurannya sendiri.

Dahulu dipuja sebagai perangkat ter-aman yang bahkan sampai digunakan oleh instansi pemerintahan di Amerika Serikat, Blackberry tidak melakukan inovasi-inovasi yang dibutuhkan pasar. Disaat Android, IOS bahkan Nokia yang mulai re-enter pasar telah jauh berkembang menyisakan Blackberry dibelakang. Langkah skak-mat justru diambil dengan menyebar fitur BBM-nya ke semua platform.

Blackberry 10 merupakan ponsel Blackberry saat ini yang cukup laris dipasaran, tapi semua itu tidak mengubah keadaan ekonomi Blackberry. Kalau saja ponsel ini diluncurkan lebih awal, pastinya semua akan berubah. Ya, memang salah satu penyebab terpuruknya Blackberry karena tertundanya peluncuran BB10. Karena tertunda inilah Blackberry diselip oleh Samsung, Nokia, Apple dan bahkan Sony Erricson dengan Xperia Z.

Peluncuran BB10 mengalami berkali-kali penundaan waktu rilis selama berbulan-bulan, sebelum akhirnya benar-benar diluncurkan pada awal tahun 2013. Dalam masa tersebut, BlackBerry memecat ribuan orang dan meminta para penggemarnya untuk terus bersabar. Sayangnya, tidak semua orang bisa bersabar dan tidak heran banyak yang berpindah ke platform lain. Ya, BlackBerry tampak kehilangan momentum penting.